Rudolf Christian Karl Diesel tercatat sebagai penemu mesin
diesel. ngsaan Jerman dan berimigrasi ke Perancis. Sebagian masa kecil Diesel
dihabiskan di Perancis sampai meletusnya perang Franco-Prussian di tahun 1870.
Keluarganya terpaksa mengungsi pindah ke London, Inggris. Dan menjelang perang
berakhir, ibunya mengirim Rudolf Diesel yang masih berusia 12 tahun untuk
tinggal di Augsburg bersama paman dan bibinya agar dapat berbicara dalam bahasa
Jerman dan bersekolah di Royal County Trade School, dimana pamannya menjadi
mengajarkan matematika disana.
Pada usia 14 tahun, Rudolf Diesel mengirimkan surat kepada
orangtuanya yang berisikan cita-citanya untuk
menjadi seorang insinyur, dan setelah menyelesaikan
pendidikan dasar dan menjadi murid terbaik di kelasnya pada tahun 1873, dia
melanjutkan sekolahnya di School of Augsburg. Selanjutnya pada tahun 1875, dia
menerima beasiswa dari Royal Bavarian Polytechnic di Munich, dimana saat itu
Rudolf Diesel terpaksa menentang keinginan orangtuanya yang kesulitan keuangan
dan mengharapkan agar Rudolf mulai bekerja untuk mencari penghasilan.Sambil
kuliah, Rudolf Diesel bekerja di sebuah pabrik dan mendapatkan banyak pengalaman
dari tempatnya bekerja. Pada tahun 1880, Diesel lulus dari universitasnya dan
mendapatkan kehormatan sebagai murid dengan nilai akademik terbaik.
Rudolf Diesel mengadakan penelitian, bagaimana agar
penggunaan bahan bakar pada suatu mesin menjadi lebih efisien. Dia tahu bahwa
mesin-mesin uap yang ada pada jamannya, hanya memiliki tingkat efisiensi
sebesar 10-15%. Dia kemudian merancang sebuah mesin dengan bahan bakar yang
disemprotkan kedalam ruang kompresi dimana bahan bakar tersebut akan terbakar akibat
panas yang timbul akibat kompresi. Mesin inilah yang kita kenal sekarang dengan
Mesin Diesel. Impian Diesel untuk menciptakan mesin dengan efisiensi tinggi
menjadi tercapai, karena sumber bahan bakar untuk mesin diesel yang dipakai
sekarang dan kita kenal dengan nama 'diesel' adalah minyak sisa dari hasil
penyaringan bensin.
Setelah kematian Rudolf Diesel, mesin diesel menjadi
pengganti mesin uap. Mesin Diesel adalah mesin yang berat dan memiliki bentuk
yang lebih kaku dan kokoh dari mesin bensin sehingga mesin diesel tidak
digunakan untuk mesin pesawat terbang, tetapi mesin diesel berkembang luas
sehingga banyak dipakai oleh pabrik, kapal laut, kapal selam, lokomotif dan
mobil modern. Mesin diesel mempunyai keuntungan karena lebih irit bahan bakar daripada
mesin dengan bahan bakar bensin. Rudolf Diesel khususnya tertarik untuk
menggunakan abu batu bara ataupun minyak sayur sebagai bahan bakar, dan
kenyataannya, mesin yang dirancangnya memang dapat berjalan dengan menggunakan
minyak sayur.